Jumat, 14 Agustus 2020

Malang Karena Belum ke Kota Malang

Jika saat ini (saat artikel ditulis) ada yang bertanya “kota mana yang paling ingin dikunjungi saat ini ?” maka jawabannya adalah kota Malang. Bukan tanpa alasan, semua berawal ketika aku mulai tinggal di Yogyakarta. Ketika aku baru memiliki beberapa teman di kampus, aku dan temanku pernah merencanakan untuk liburan ke Malang pada libur akhir semester nanti. Libur akhir semester pada akhirnya tiba, namun rencana tersebut tidak kunjung terealisasi, bahkan sampai hari ini, ketika kami sudah menjadi mahasiswa tingkat akhir.

Rencanna tersebut sebenarnya bukanlah satu-satunya rencana ku untuk ke malang. Setahun atau mungkin dua tahun setelah aku menjadi mahasiswa, aku bersama teman-teman organisasiku kemabali berencana untuk melakukan kunjungan ke Malang, namun pada akhirnya juga tidak terealisasikan dengan berbagai macam pertimbangan sehingga harus berkunjung ke kota lain.
Pada akhirnya seperti yang sempat aku sebutkan bahwa aku belum pernah ke Malang sampai hari ini. Jika dipikir-pikir sedikit lucu memang, aku yang tinggal di Jogja yang notabene relatif dekat dengan Malang belum pernah mengunjungi langsung kota Malang, makannya sekarang jika ditanya kota yang ingin dikunjungi maka jawabannya adalah Malang.

Terbaru adalah sebelum pandemi covid-19, aku pernah merencanakan untuk satu waktu baik itu ketika weekend ataupun libur nasional untuk mengunjungi malang. Siapa sangka lagi-lagi rencanan belum sempat terealisasikan, wabah menyerang sehingga harus untuk ketiga kalinya mebatalkan rencana tersebut.
sumber : kompas.com
Sedangkan tempat wisata non-alam kota Malang memiliki tempat hiburan serupa dengan dufan yaitu Jawa Timur Park 1, Jawa Timur Park 2, Jawa Timur Park 3, kemudian untuk tempat bersantai ada alun-alun kota malang, alun-alun merdeka, Batu Night Spectacular, Eco Green Park dan masih banyak lainnya.

Malang merupakan salah satu kota di provinsi Jawa timur yang memiliki cukup banyak tempat wisata yang sungguh menggoda untuk bisa dikunjungi, untuk wisata alam sendiri ada Pulau Sempu, sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah selatan Pulau Jawa, kemudian juga ada Pantai Balekambang, yang juga terletak di selatan Kota Malang, berjarak 65 km dari pusat kota dan Sungai Bango sebagai tempat olahraga rafting di kawasan.
Selain sekedar tempat wisata, kota Malang termasuk salah satu kota di Indonesia yang memiliki fasilitas lengkap seperti moda transportasi yang memadai seperti stasiun kereta api, terminal bis, bahkan bandara. Malang juga memiliki beberapa perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang memiliki nama besar ditingkat nasional, sehingga banyak mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia menimba ilmu di kota malam.

Salah satu tempat wisata yang paling terkenal dan selalu dikaitkan dengan kota Malang adalah kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, yang termasuk salah satu didalamnya yaitu Gunung Bromo. Gunung ini memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut dan sebenarnya berada dalam empat wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Malang, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Lumajang.

Fasilitas lain yang tidak kalah penting adalah fasilitas kesehatan, rumah sakit kota malang telah tersebar diberbagai kecamatan sehingga sangat mudah untuk dijangkau. Namun jika ingin lebih muda sebelum mengunjungi rumah sakit tersebut ada baiknya membuat janji dengan dokter yang akan dikunjungi melalui aplikasi Halodoc sehingga mempermudahan reservasi.

Malang memang rasanya, tinggal di kota Jogja yang dekat dengan kota Malang namun belum pernah menggunjungi kota malang, semoga suatu hari kesampaian untuk mengunjungi kota tersebut.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar