Jumat, 15 Mei 2020

Kecil, Gurih, Manis, Renyah dan Bermanfaat: Kacang Almond!


Banyak sekali jenis kacang-kacangan yang ada di dunia. Mulai dari kacang tanah, kacang hazelnut, kacang mete, kacang kenari, kacang almond, dan lain-lain. Setiap kacang ini memiliki rasa yang berbeda-beda dan tentunya dengan ciri khasnya masing-masing. Namun saya terfokus pada salah satu kacang yang sudah disebutkan tadi, yaitu kacang almond. Setelah membaca banyak referensi, saya baru mengetahui kalau kacang almond adalah salah satu jenis superfood yang direkomendasikan oleh para dokter dan ahli gizi. Mengapa? Karena manfaat dari kacang almond ini ternyata banyak sekali! Mulai dari untuk kesehatan tubuh, sampai ke minyak almond yang ternyata baik untuk kesehatan kulit dan perawatan kecantikan.

Manfaat Dari Kacang Almond
Rasanya yang manis, gurih, renyah, dan bentuknya yang tidak terlalu besar ini memang sudah menjadi ciri khas dari kacang almond. Di pasaran, kamu bisa mendapatkan almond dengan berbagai varian. Mulai dari yang utuh, sudah dipotong, atau juga yang sudah diiris yang siap menjadi bahan topping untuk kue dan berbagai jenis makanan lainnya. Kacang almond biasanya dijual dengan dua pilihan,  mentah atau yang sudah dipanggang. Keduanya tetap  mengandung kandungan nutrisi yang sama. Bedanya, almond yang sudah dipanggang memang akan menjadi lebih gurih dan juga garing. Cocok sekali menjadi camilan santai di pagi hari atau sore hari.

Manfaat Untuk Kesehatan Tubuh
Saya akan merangkum beberapa manfaat dari kacang almond untuk kesehatan tubuh. Ternyata, setelah tahu manfaatnya, saya cukup kaget dan tidak heran jika makanan ini disebut sebagai superfood.

1. Baik Untuk Kesehatan Jantung 
Kacang almond ternyata baik untuk kesehatan jantung kita. Hal ini dikarenakan, kacang almond dapat menurunkan kadar LDL kolesterol kita (kolesterol jahat) yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Kadar lemaknya memang tinggi, namun kebanyakan lemak yang terkandung dari kacang almond adalah lemak tak jenuh tunggal yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Lemak seperti ini juga bisa kita ditemukan pada minyak zaitun. Namun, kamu lebih pilih yang mana? Makan kacang almond atau minum minyak zaitun? Kalau saya sih jelas milih kacang almond, karena rasanya jelas lebih enak!
Hanya dalam kurun waktu 2 minggu saja, apabila kita konsisten mengonsumsi almond, maka penurunan kadar kolesterolnya cukup signifikan. Hal ini diperkuat dari penelitian oleh British Jurnal of Nutrition. Bagi kamu yang memang aware dengan kesehatan jantung, tidak ada salahnya untuk memulai konsumsi kacang almond ini.

Cara beli kacang almond sekarang juga mudah, lho! Kamu bisa kunjungi website Nutify Indonesia dan pilih produk almond yang kamu suka. Terdapat beberapa varian rasa yang bisa kamu pilih. Kalau suka yang sensasi pedas, bisa pilih Nutify Almond Gourmet Chilli & Lime. Pedasnya pas, tidak berlebihan! Selain itu bumbu yang digunakan juga alami tanpa menggunakan bahan kimia dan juga MSG. Dijamin sekali coba langsung ketagihan!

2. Mengurangi Berat Badan
Ini nih, yang sepertinya akan disukai oleh banyak orang yang lagi diet. Makan kacang almond ternyata dapat membantu kita untuk dapat mengurangi berat badan. Penelitian telah menunjukkan, bahwa diet dengan mengonsumsi almond yang memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal terbukti lebih efektif menurunkan berat badan daripada yang tidak mengonsumsi almond.

Wah, ini sih bisa dibilang gampang banget! Biasanya diet memang mengurangi makan, tapi dengan almond, kamu tetap bisa makan dan berat badan turun. Tentunya, ada takaran terukurnya, kamu lebih baik konsultasi terlebih dahulu sama dokter sebelum melaksanakan dietnya. Kandungan dalam kacang almond akan membuat kita kenyang lebih lama, sehingga rasa ingin makan pun menurun. Maka dari itu, bisa membantu kamu untuk menurunkan berat badan.

3. Mengontrol Gula Darah
Makan kacang almond ternyata dapat mengontrol gula darah kamu. Khusus bagi para penderita diabetes, makan kacang almond sudah terbukti aman karena tidak menambahkan kadar gula darah dalam tubuh.

Kacang almond mengandung magnesium yang cukup tinggi. Magnesium ini adalah mineral yang berfungsi mengontrol gula darah yang ada di dalam tubuh. Selain itu, kacang almond ini juga kaya akan protein dan serat yang memang direkomendasikan untuk penderita diabetes.

4. Menurunkan Tekanan Darah
Tekanan darah tinggi adalah penyebab dari berbagai macam penyakit seperti kolesterol, jantung, stroke, dan juga gagal ginjal. Dengan mengonsumsi almond yang kaya akan magnesium, maka tekanan darah kita akan turun dan terkontrol.

5. Mencegah Kanker
Almond memiliki kadar antioksidan yang cukup tinggi. Kadar antioksidan ini membantu melindungi diri dari penuaan dan juga kerusakan sel. Antioksidan ini juga berfungsi sebagai pencegah kanker.

Kandungan antioksidan ini terdapat pada kulit almond yang berwarna coklat. Jadi, kalau makan almond, kulit tipis bagian luarnya jangan dibuang, ya!
Manfaat dari kacang almond ini bisa kamu dapatkan apabila konsisten mengonsumsinya. Jadi, mulai dari sekarang, cobalah untuk makan kacang almond. Rasanya enak, bisa dicampur juga dengan berbagai macam olahan seperti kue dan salad. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar