Jumat, 27 Maret 2020

Berbagai Resep Opor Ayam Yang Istimewa

Opor ayam adalah salah satu sajian khas Indonesia yang sangat istimewa. Opor ayam adalah sajian yang biasanya tidak untuk makanan sehari-hari. Biasanya opor ayam sajian ketika ada tamu atau acara besar. salah satu hal besar yang tidak pernah ketinggal untuk memasak opor ayam saat lebaran. Lebaran tiba, pasti hampir di setiap rumah ada sajian opor ayam. Opor ayam saat lebaran juga dimakan dengan ketupat atau lontong daun. Jadi opor ayam akan tambah enak. Nah sajian opor ayam cenderung sulit untuk dibuat karena banyak bumbu di dalamnya. Jika anda berencana membuat opor ayam. Berikut resep opor ayam istimewa yang bisa anda tiru di rumah.

sumber : tribunnews.com
1. Resep Opor Ayam Kampung
Resep opor ayam kampung sedikit berbeda dari opor ayam biasanya. Dikarenakan bahan yang diperlukan adalah ayam kampung, ayam kampung bisa anda dapatkan dengan mudah di pasar tradisional atau peternak ayam kampung.

Bahan-bahan yang dibutuhkan: Ayam Kampung 1 Ekor, 700 ml santan encer, 250 ml santan kental, 4 lembar daun salam, 1 batang sereh, 7 siung bawang merah, 5 siung bawang putih, kemiri sebanyak 5 buah, merica bubuk, kunyit sebesar setengah jari kelingking, lengkuas 2 cm, jahe 3 cm. ketumbar bubuk, garam, dan juga gula.

Cara membuat opor ayam kampung adalah anda potong ayam terlebih dahulu. Setelah itu anda haluskan semua bumbu seperti bawang, kemiri, ketumbar, merica, kunyit,  dan jahe dengan blender. Lalu setelah itu anda tumis semua bumbu. Kemudian masukkan daun salam dan lengkuas. Masukkan ayam yang sudah dicuci. Lalu anda masukan santan encer. Setelah santan sedikit berkurang. Masukkan santan kental. Masak hingga matang ayamnya. Lalu sajikan dengan bawang goreng agar lebih enak.

2. Resep Opor Ayam Dengan Labu Siam
Sajian istimewa selanjutnya dari opor ayam adalah dengan ditambahkan labu siam. Mungkin anda heran apakah enak dicampur labu siam. Yang pastinya akan lezat sekali. Labu siam juga mengandung banyak manfaat untuk tulang.

Bahan-bahan untuk resep opor ayam dengan labu siam: 1 buah jahe 1 cm, garam, santan sebanyak 1 liter setengah, lengkuan sebesar 2 cm yang anda geprek terlebih dahulu, sereh sebanyak 2 batang, gula, ayam sekitar 1 kilogram, 4 buah labu siam, daun salam 3 lembar, ketumbar sebanyak 1 sendok teh, jinten sedikit saja, merica 1 sendok the,kemiri 6 buah, pala setengah, bawang merah 8 buah, dan bawang putih 4 buah.

Cara memasak opor ayam dengan labu siam adalah dengan memotong ayam dan mencucinya dulu. Lalu anda kupas labu siam dan iris tipis-tips saja. Kemudian rendam labu siam di air garam. Lalu haluskan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, pala, jinten, ketumbar, jahe. Setelah itu anda tumis bumbu dengan menambahkan daun salam, lengkuas, sereh. Kemudian masukkan ayam diaduk hingga rata. Tambahkan santan. Selanjutnya setengah matang ayam. Masukkan labu siam. Anda aduk-aduk lagi supaya santan tidak pecah. Setelah matang anda sajikan dengan taburan bawang gorang di atasnya.

Resep opor ayam di atas bisa anda buat dengan sangat mudah. Yang pasti ketika anda sudah memasukan santan. Anda aduk perlahan opornya ketika memasak agar santannya tidak pecah. Jika sudah pecah, santanya akan tidak enak dan tidak gurih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Facebook

Follow This Blog