Jumat, 09 November 2018

Berbagai Macam Jenis Ikan Koi untuk Peliharaan Di Kolam


Ikan koi merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang banyak dipelihara oleh masyarakat Indonesia maupun di dunia. Ikan yang dalam bahasa latin disebut Cyprinus carpadie  ini sangat popular, terutama di Negara Jepang. Bahkan penamaan ikan koi banyak menggunakan nama-nama dalam istilah Jepang. Namun sebenarnya, ikan koi berasal dari daratan Cina. Selama ini masyarakat salah kaprah menganggap ikan koi berasal dari Jepang.


Ikan koi menjadi popular di Jepang karena di negara inilah varietas ikan koi dikembangkan hingga jumlahnya menjadi ratusan. Ikan yang masih memiliki hubungan kekerabatan dengan ikan mas ini memiliki keunikan tersendiri berupa corak atau motif pada sisiknya. Hal inilah yang mendasari ikan koi sangat populer dikalangan masyarakat. Selain itu, ikan koi juga dianggap membawa keberuntungan bagi yang memeliharanya. Ikan koi juga dikenal sebagai ikan yang sangat mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya.

Ikan koi yang banyak dijumpai saat ini merupakan pembudidayaan dari ikan karper selama bertahun-tahun. Pembudidayaan ini menghasilkan strain pertama yang berwarna merah dan biru. Strain ini merupakan cikal bakal dari terwujudnya ikan koi. Tahun 1870 muncul strain baru seperti warna merah dan putih (kohaku), kuning dan hitam (kinutsuri) serta putih dan hitam (shiriutsuri). Motif yang berbeda dari setiap ikan koi merupakan hasil dari perkawinan silang antar varietas. Berikut beberapa jenis ikan koi yang banyak dikenal oleh masyarakat :

Ikan Koi Kohaku
Ikan koi jenis ini merupakan ikan koi yang paling popular dan paling tua diantara jenis ikan koi lainnya. Ikan koi kohaku tampak seperti sapi, memiliki motif dasar berwarna putih dan dibalut dengan warna merah cerah. Ikan koi kohaku memiliki beberapa variasi seperti Kohaku Doitsu, Kohaku Gin Rin, Kohaku Maruten, dan Kohaku Tancho.

Ikan Koi Shiro Bekko
Ikan koi jenis ini menjadi primadona dikalangan pecinta koi karena dinilai sangat manis seperti permen susu. Hal ini dikarenakan ikan koi shiro bekko memiliki warna putih susu dengan corak hitam ditubuhnya. Keunikan lain dari ikan koi shiro bekko adalah terdapat warna hitam pada bagian kepala. Sedangkan pada bagian sirip dada terdapat gars-garis yang indah. Namun tidak semua ikan koi shiro bekko memiliki garis pada sirip dada.

Ikan Koi Shiro Utsuri
Jika dilihat secara sekilas, ikan koi shiro bekko dan shiro utsuri tampak sama yaitu memiliki warna hitam dan putih. Namun, dua ikan ini memiliki perbedaan pada warna dan pola. Ikan koi shiro bekko memiliki warna dasar putih dengan sedikit corak hitam. Sedangkan ikan koi shiro utsuri memiliki warna dasar hitam dengan corak warna putih pada tubuhnya. Ikan koi utsuri dikatakan berkualitas apabila perpaduan warna hitam dan putih terdapat pada bagian kepala.

Ikan Koi Taisho Sanke
Ikan koi taisho sanke terlihat hampir sama dengan kohaku. Hanya saja ikan koi taisho sanke memiliki corak warna hitam pada tubuhnya selain warna merah dan putih. Ikan koi taisho sanke tergolong ikan yang sangat mudah ditemui karena mudah dibudidayakan.

Ikan Koi Asagi
Sama seperti kohaku, ikan koi asagi juga termasuk ikan koi yang sangat populer didunia dan paling tua. Sehingga banyak masyarakat yang memilih ikan koi jenis ini untuk dijadikan peliharaan. Ikan koi asagi memiliki ciri-ciri tubuh berwarna dasar biru dengan corak warna orange atau merah pada bagian perut, sisik pada bagian atas terlihat seperti jaring, dan kepala berwarna putih. Semakin banyak warna birunya, harga ikan ini semakin mahal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Facebook

Follow This Blog