Selasa, 25 September 2018

Jangan Salah Pilih, Ini Tips Memilih Coworking Space untuk anda.

Seiring perkembangan teknologi kekinian dan perkembangan zaman mendorong setiap orang bekerja dengan kultur kekinian. Menjauh dari gaya kerja konvensional juga mendorong berbagai tren dalam bekerja. Masa kini para startup atau usaha rintisan banyak memiliki coworking space sebagai tempat berkantor. Selain lebih menghembat untuk usaha yang baru juga dapat dengan mudah membangun jaringan relasi dalam satu wadah coworking.
 go-work.com
Tapi jika anda tertarik mencoba coworking space sebagai tempat kerja anda, ada baiknya memperhatikan tips berikut. Sebab sekalipun coworking space sedang ngetren belum tentu semua cocok untuk setiap usaha. Jadi simak tips go-work.com berikut sebelum memilih coworking space untuk startup anda.

1. Pastikan sesuai kebutuhan kerja anda.
Akan lebih baik jika memilih menggunakan coworking space untuk bekerja anda sekalian bergabung dengan coworking tersebut. Sebab dengan terdaftar anda atau startup anda dapat dikenal oleh anggota lainnya. Namun yang perlu dipastikan sebelum bergabung adalah coworking tersebut sesuai dengan kebutuhan startup anda nantinya.
Pertama anda perlu membuat rancangan sendiri apa yang startup anda butuhkan. Misalnya butuh ruang rapat, ruang tertutup untuk menghubungi klien atau kebutuhan lainnya. Maka anda harus memastika coworking tujuan anda memiliki fasilitas yang anda butuhkan. Jika startup anda memiliki beberapa pegawai sebaiknya meminta mereka memikirkan kebutuhan yang diperlukan selama bekerja.
2. Pertimbangkan budaya dalam relasi kerja di coworking
Meski dapat dikatakan suasana coworking space lebih nyaman dibandingkan perusahaan dengan konsep konvensional, anda perlu mempertimbangkan budaya kerja yang ada. Di coworking space banyak startup maupun individu dari berbegai latar belakang. Di satu sisi hal tersebut baik karena dapat membangun relasi yang luas namun di sisi lain mereka sangat mungkin memiliki pola kerja yang berbeda.
Karena itu perlu diperhatikan jika perlu anda dapat melakukan survei pada calon coworking space yang anda inginkan atau coworking lain sebanyak-banyaknya sebagai perbandingan. Pastikan pola kerja coworking yang sesuai dengan startup anda. Ada baiknya pula anda meminta pertimbangan rekan kerja dalam satu startup.

3. Cek and ricek
Ketika memilih kantor untuk sebuah perusahaan, rumah untuk tempat tinggal anda pastinya tidak mau salah pilih. Beberapa kali melakukan cek and ricek memastikan tidak salah sesuai dengan penawaran yang anda terima. Sama halnya dalam memilih coworking space, meski menggunakan coworking lebih fleksibel anda tetap perlu melakukan cek and ricek.
Meski informasi coworking dapat dengan mudah didapat melalui internet, anda perlu datang sendiri ke lokasi. Pastikan apa yang ada dapat di internet benar adanya. Gak mau kan salah pilih karena modal foto internet. Dengan mengecek sendiri adan juga dapat bertanya lebih banyak fasilitas, akses internet, lingkungan sekitar coworking hingga culture kerja. Pastikan semua mendukung keperluan startup anda. Selain itu pastikan pula akses menuju lokasi, parkir, keamanan dan biaya yang harus dikeluarkan.
Kenapa perlu memastikan banyak hal? Karena meskipun coworking bersifat dinamis kenyaman kerja amat diperlukan untuk produktivitas anda. Selain itu pikirkan pula kebutuhan jangka panjang sebab jika merasa tidak nyaman anda perlu mencari tempat baru nantinya.
Itu tadi tiga tips memilih coworking space dari Go-Work yang perlu anda renungi. Jangan sampai niat bekerja nyaman keluar dari belenggu konvensional justru membuat produktivitas kerja anda menurun. Cobalah beberapa saat memilih sebelum memutuskan bergabung dalam coworking. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar