Jumat, 16 Maret 2018

Deretan 5 Kopi dengan Harga Termahal di Dunia

Kopi kini menjadi minuman yang cukup digandrungi masyarakat di berbagai belahan dunia. Bahkan bisa disebut salah satu minuman favorit. Saking banyaknya yang suka minum kopi, saat ini gerai-gerai kopi pun mulai bertebaran dimana-mana. Di Indonesia sendiri, kopi menjadi salah satu produk perkebunan yang menjanjikan perekonomian. Apalagi kita adalah penghasil produksi kopi terbesar di dunia di bawah Brazil.
sumber healthline.com

Tapi kini, kopi bukan lagi minuman yang hanya sekadar bisa diminum. Minuman ini sudah seperti minuman yang paling dicari karena memiliki beraneka ragam rasa dan aroma. Untuk dapat mencicipi secangkir kopi yang beraneka ragam itu, ada beberapa kopi yang mengharuskan kita untuk merogoh kocek lebih dalam nih.
1. Black Ivory Coffee (Rp 7 juta/ stgh kg)
Kopi ini, merupakan kopi yang ditemukan di Thailand dari ketinggian 1,524 mdpl. Black Ivory, salah satu kopi yang proses pembuatannya melalui proses pencernaan hewan. Mirip kopi luwak yang cukup tenar di Indonesia gitulah. Tapi, Black Ivory, dihasilkan melalui pencernaan gajah. Selain rasanya yang membuat mahal, konon, proses pembuatannya pun cukup memakan waktu lebih dan hasilnya pun tidak menentu. Dari 15 kilogram biji kopi, hanya bisa menghasilkan setengah kilogram Black Ivory Coffee.

2. Kopi Luwak (Rp 1,5 juta/ stgh kg)
Kopi luwak cukup terkenal di Indonesia. Bahkan, bisa mudah ditemukan di setiap gerai kopi. Meskipun sekarang bukan menjadi kopi termahal, harga kopi ini masih saja terbilang mahal. Kopi ini diproduksi melalui pencernaan musang. Selain hal itu yang membuat mahal, kopi yang dipilih musang untuk dikonsumsi dianggap kopi terbaik. Tentu kopi luwak ini bukan yang harganya seribuan di berbagai warung, karena itu kopi luwak palsu.

3. Kopi Saint Helena (Rp 1,09 juta/ stgh kg)
Berasal dari pulau kecil di daerah Samudra Pasifik yakni Pulau Saint Helena, kopi ini dibilang memiliki harga yang tinggi. Konon, biji kopi tersebut disebarkan oleh Napoleon Bonaparte di pulau tersebut sehingga menyebut pulau Saint Helena dengan Green Tipped Buorbon. Proses produksi yang lama sampai memakan waktu kurang lebih 4 bulan menjadi alasan tingginya harga kopi ini. Meski begitu, memiliki cita rasa yang khas dengan  floral-fruity hints kombinasi unik citrus dan caramel membuat kopi ini menarik untuk dicoba.

4. Kopi Panama Geisha, Hacienda La Esmeralda (Rp 1 juta/ stgh kg)
Dari namanya sudah cukup terlihat, kopi ini memang berasal dari Panama. Tepatnya ya di dataran tinggi Panama dengan ketinggian sekitar 1000-1500 mdpl. Keunikan harga tanah penanaman kopi di Panama ternyata mempengaruhi kemahalan kopi ini. Selain itu, upah buruh petani kopinya pun terbilang mahal. Tapi tak perlu khawatir, harga tersebut sesuai dengan cita rasa dan aroma kopi yang unik. Rasa kopi ini dirasa mirip kombinasi dari beberapa varian rasa buah. Hmmm, menarik!

5. Kopi La Cima, Finca El Injerto (Rp 708 rb/ stgh kg)
Wilayah Huehuetenango, bagian barat Guatemala merupakan tempat ditanamnya kopi ini dengan daerah ketinggian 1,650 mdpl. Lingkungan sekitar perkebunan kopi yang merupakan hutan tropis sepertinya turut mempengaruhi rasa dan aroma khas kopi ini. Bahkan pada tahun 2006, kopi ini mampu meraih piala dari Excellence. Keren kan

Jadi, kopi mana yang mau kalian coba? Jangan lupa nabung yaa, biar ngga wacana tok yang berhenti diangan-angan. Wkwk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Twitter

Facebook

Follow This Blog