Sabtu, 30 April 2016

Berakhir Pekan di Hutan Lembang

Akhir pekan yang menyegarkan, adalah akhir pekan yang sangat di inginkan oleh setiap orang apalagi untuk mereka yang sudah menghabiskan hari-harinya dengan bekerja ataupun kuliah. Jangan khawatir, jika kamu  ingin melakukan perjalanan yang menyegarkan sekaligus menyenangkan kamu bisa melakukan perjalanan akhir pekan mu ke Bandung tepatnya di Kabupaten Lembang. Karena di Lembang kamu akan mendapati udara yang sangat sejuk selain itu juga kamu akan mendapati pemandangan perjalanan yang sangat indah.

Nah, jika kamu berkesempatan untuk menghabiskan waktu liburanmu di Lembang, dan kamu ingin menghabiskan waktu liburanmu untuk menikmati pesona alam, jangan lupa untuk mengunjungi beberapa tempat wisata berikut :

1.Taman Hutan Jaya Giri
Hutan Jaya Giri ini merupakan tempat yang sangat cocok bagi penikmat wisata alam. Dengan membayar Rp. 8000,- kamu sudah bisa menghilangkan kepenatan dan membuat badan menjadi lebih fresh kembali karena udaranya yang sangat menyegarkan.

Perlu diketahui juga, hutan ini sangat terawat, sehingga kamu bisa menemukan pemandangan yang sangat asri dan menyegarkan. Pada umummnya hutan ini biasa di gunakan oleh pengunjung untuk mendaki ataupun aktivitas tracking hutan. Namun, jangan khawatir, jika kamu ingin membawa kendaraan pribadi juga tidak apa- apa, tapi jangan lupa siapkan biaya Rp. 2.000,- untuk membayar biaya parkirnya ya. Selain itu, jika kamu sangat hobi bersepeda, kamu juga bisa melakukan aktivitas sepeda kamu disini dengan melewati shelter demi shelter.

Perlu diketahui juga, lokasi hutan ini sangan dekat sekali dengan Gunung Tangkuban Perahu, jadi jika kamu memutuskan untuk mengunjung Hutan Jaya Giri ini, jangan lewatkan juga untuk mengunjungi Gunung Tangkuban Perahu, karena nanti nya kamu akan mendapatkan pesona alam yang tidak kalah kerennya.


2. Taman Hutan Raya Ir.H. Djuanda
Letaknnya ada di daerah Dago, Hutan ini merupaka sebuah kawasan konservasi mulai dari daerah Dago Pakar sampai ke daerah Lembang juga ke Maribaya. Taman Hutan Raya Ir. H.Djuanda ini memiliki luas sekiat 526,98 hekat, sangat luas sekali bukan?
Di Taman Hutan Raya ini kita bisa merasakan sejuk dan tenangnya suasanan alam. Sangant cocok sekali buat kamu yang memang sedang merindukan suasana yang terbebas dari polusi.Selain di keliling oleh pepohonan pinus, di Hutan Raya Ir. H. Djuanda ini masih banyak spot- spot yang bisa di kunjungi seperti area bermain, goa Jepang dan goa Belanda, air terjun, curug Dago, curug alay, curug omas, curug maribaya, Batu Prasasti Kerajaan Thailan, Panggung Terbuka, Kolam PLTA Bangkok, monumen Ir.H. Djuanda, Museum Mini Taman Hutan Raya, Taman Bermain dan masih banyak lagi.

Pokoknya, bisa di bilang Hutan Taman RayaIr. H. Djuanda ini adalah tempat wisata yang komplit untuk berlibur baik bersama keluarga ataupun teman- teman kantormu.
Selain itu, Taman Hutan Raya ir. H. Djuanda bisa diakses melalui beberapa pintu. Pertama, kamu bisa masuk lewat pintu utama yang ada di Dago Pakar, kedua lewat pintu masuk Maribaya yang ada di Lembang.

Kalau kamu ingin menikmati curug Omas, alay, dago dan patahan Lembang, kamu bisa melewati pintu masuk yang ada di Lembang, dari pintu masuk ini kamu cukup berjalan kamu sekitar 800 meter untuk sampai ke curug.

Dan bagi kamu yang ingin menikmati dan mengunjungi spot Goa Jepang atau Goa belanda kamu bisa melewati pintu utama yang berada di Dago Pakar, Dari pintu masuk utama ini kamu perlu berjalan kaki dulu untuk sampai ke goa jepang dan belanda. Untuk masuk ke kawasan ini kamu  cukup membayar Rp. 10.000 per orang. Dengan harga Rp. 10.000,- kamu sudah bisa menikmati udara yang sejuk dan spot- spot yang sangat menarik.

Pintu masuk utama ini sangat cocok untuk kamu yang sangat menyukai hiking, kalau kamu tidak mau berjalan kaki, kamu bisa juga bersepada karena nantinya akan ada joging track yang bisa di lewati pejalan kaki juga pengunjung yang menggunakan sepeda. Jangan khawatir juga, kalalu kamu memang memutuskan untuk berjalan kaki namun di tengah perjalanan kamu tidak sanggup melanjutkan perjalanan, kamu bisa meneruskan perjalanan dengan menaiki ojek yang di tawarkan oleh warga setempat.



Dari pintu utama menuju goa jepang, nantinya kamu akan melewati beberapa anak tangga, untuk menjaga keselamatan kamu bisa menggunakan sepatu. Goa jepang yang ada di Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda merupakan satu dari puluhan goa jepang yang tersebar di Indonesia, Goa jepang ini di buat pada tahun 1942- 1945 ketika 

berlangsungnya Romusha. Dan goa jepang ini dulunya di gunakan orang jepang untuk menyimpan amunisi, logistik dan komunikasi radio pada masa perang dahulu. Setelah dari Goa jepang, kamu bisa melanjutkan perjalan ke Goa Belanda dan curug Maribaya.
Dan untukkamu yang ingin mencaripenginapan di daerah lembang kamu bisa mencari di traveloka selain mudah proses pemesanannya pun cepat.

Jadi, jangan sampai melewatkan untuk mengunjungi Hutan Jayagiri dan Hutan Raya Ir. H. Djuanda, dan yang terakhir jangan lupa untuk mengabadikan moment liburanmu

2 komentar:

  1. Yang Tahura itu kayaknya lagi happening ya di Bandung. Jadi pengen ke sana. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk mari bang...
      Tahura, bandung masih menanti kedatangan bang citra

      Hapus