Sabtu, 10 Agustus 2013

Ketika Setiap Orang Lupa Untuk Menginsropeksi Diri

Assalamualaikum |selamat datang kembali (bagi kamu yang udah pernah mampir/singgah ke blog ini) atau selamat datang (bagi yang datang perdana di blog ini, datang lagi ya lain kali J ) bagi semua para pembaca, yang setia maupun tidak setia (terserah kamu aja) yang sering atau pun tidak sering berkunjung ke blog saya ini, blog sederhana milik anak ingusan (NO !!! itu bohong) yang betulanya blog’a THE NEXT AUTHOR, siii tazaemjayy  yang kece badai ini (katanya) oke cukup basa basinya, silahkan scroolback ke atas liat judulnya (Ketika Setiap orang lupa untuk menginsropeksi diri ) okehh udah taukan judulnya ?? langsung saja read more

Mungkin kata-kata mengintropeksi diri sudah sangat lazim kita dengar ex:”intropeksi dulu diri sediri baru bilang untuk orang lain” dan lain sebagainya. Kali ini saya akan kembali memnulis artikel |Renungan| yang berhubungan dengan intropeksi diri.

sebelum kita lanjut ke pembahasan yang lebih luas, ada baiknya kita mengetau apa yang di maksud dengan itropeksi diri ? Introspeksi adalah proses pengamatan terhadap diri sendiri dan pengungkapan pemikiran dalam yang disadari, keinginan, dan sensasi. Proses tersebut berupa proses mental yang disadari dan biasanya dengan maksud tertentu dengan berlandaskan pada pikiran dan perasaannya. Bisa juga disebut sebagai kontemplasi pribadi, dan berlawanan dengan ekstropeksi yang berupa pengamatan terhadap objek-objek di luar diri. Introspeksi mepunyai arti yang sama dengan refleksi diri. (sumber)

menurut saya saat ini banyak orang yang lupa untuk mengnitrospeksi dirinya sendiri, banyak orang saat ini tidak merasa bersalah dengan perbuat yang dilakukannya, banyak orang menggagap lazim, mereka malas mengnitrospeksi diri meras dirinya yang paling benar, mempunyai prinsip bahwa saya tidak pernah bersalah.merasa dia yang paling benar, merasa bahwa apa yang dilakukannya selalu benar, dan lebih parahnya kalau merasa kalau apa yang di kerjakan oleh orang lain itu salah selalu.

Seandainya setiap orang bisa mengintropeksi dirinya, menyadari bahwa dirinya yang salah, dan menjadikan kesalah itu sebagai pengalaman untuk kedepan yang lebih baik Insya Allah tidak akan dan tidak akan pernah ada terjadi permusuhan antara manusi menurut saya hehehe setuju ? (Test Vote, Jika anda setuju/atau tidak setuju silahkan kirim jawban anda ke twitter dengan cara mention ke twitter saya @tazaemjayy_ dengan format: Menuru saya (setuju/tida setuju) dengan apa yang ada katakan di artikel “  ini @tazaemjayy_ ) yang mau mengvote tersebut insya Allah akan saya Follow dan minta follback ada -___-



saatnya kita intropeksi diri

Mungkin sebagian kita akan merasa suli untuk mengintropeksi diri setelah sekian lama malas atau enggan untuk mengintropeksi diri, berikut beberapa cara untuk agr terbiasa mengitropeksi diri:

  • Mintalah bantuan orang lain. Jangan pernah malu ataupun segan untuk minta bantuan orang lain menilai diri kita, pilihlah teman dekat, sahabat, pacar atau keluarga agar orang tersebut lebih mengenal diri kita. 
  • Jangan marah apabila orang yang megoreksi kita berkata jujur, justru kejujuran dalam hal ini adalah faktor utama, jangan tersinggung apabila orang yang mengoreksi kita berkata yag kurang enak atau bahkan tidak sesuai dengan apa yang anda rasakan.
  • Bersiaplah untuk memperbaiki diri, setelah kita dikoreksi dimana kekurangan dan kejelekan kita maka berusahalah untuk memperbaikinya. 
  • Serius dalam melakukan instospeksi diri, karena segala sesuatu hal yang dilakukan dengan serius akan menghasilkan sesuatu yang maksimal, jangan hanya niat dihati saja! Tapi lakukanlah meskipun dimulai dari hal yang paling kecil sekalipun.
  • Dan yang terakhir adalah renungkanlah dengan sungguh-sungguh semua yang dikatakan oleh orang yang mengoreksi kita, karena dengan menanyakan kembali kepada diri sendiri semua yang telah terkoreksi dan kita mau mengakuinya maka insya Allah jawabanpun akan tersedia dipikiran kita. Sesungguhnya Allah maha pengampun dari orang-orang yang mau bertaubat.  (sumber)

Setiap sesuatu yang baik, yang kita lakukan pasti ada manfaatnya begitu juga mengintropeksi diri ini ada beberapa manfaat yang didapat dari pada mengintropeksi diri:
  • Musibah terangkat dan hisab diringankan
  • Hati lapang terhadap kebaikan dan mengutamakan akhirat daripada dunia
  • Memperbaiki hubungan diantara sesama manusia
  • Terbebas dari sifat nifak (sumber)

ya oleh sebab itu mari mulai sekarang bagi kita yang kurang bahwakan  yang tidak pernah mengintropeksi diri, mari sekarang saatnya kita mengintropeksi diri di setiap permasalah yang ada.

Mungkin hanya ini artikle singkan yang bisa saya sharing, lebih dan kurangnya saya mohon maaf dan kritik saran dari para sahabat sangat saya butuhkan untuk perbaikan kedepan salam SUKSES tetap mengintropeksi diri disetiap permasalahan | Wassalam

10 komentar: