5 Alasan Kenapa Harga Kopi Luwak Premium Mahalnya Berlipat-lipat

Kopi luwak premium sering juga disebut sebagai kopi luwak asli. Untuk harga kopi luwak 200 gram saja yang paling murah itu sekitar 125.000. Itu di Indonesia. Bagaimana kalau dijual di luar negeri? Tentu mahalnya berlipat-lipat. Banyak orang yang penasaran faktor apa saja yang membuat kopi luwak premium jadi semahal itu. Beberapa di antaranya ada di sini.

1. Produksi Biji Kopinya Bukan Pakai Mesin

Umum diketahui, bahwa produksi yang menggunakan mesin otomatis akan membuat harganya di pasaran berani murah. Hal itu terjadi untuk kopi lain semacam Arabika, Robusta, dan lain-lain. Namun tidak berlaku untuk kopi luwak premium. Soalnya yang memproduksi adalah binatang bernama luwak atau musang. Itulah yang menyebabkan harganya mahal.
kopiluwakdirect.com
Lebih-lebih tidak semua jenis musang itu suka makan kopi. Sejauh ini hanya luwak pandan dan luwak bulan yang suka makan kopi. Berternak luwak juga tidak semudah berternak ikan, ayam, atau bahkan kambing. Diperlukan bibit luwak yang betul-betul berkualitas untuk mendapatkan hasil kopi yang beraroma kuat dan berkarakter.

2. Luwak Makan Kopinya Pilih-Pilih
Mungkin akan lebih mudah kalau luwak makan kopi sembarang saja. Tidak pandang mana kopi muda, setengah matang, atau matang. Kenyataannya, luwak pemakan kopi hanya memiliki yang benar-benar matang. Bisa dibayangkan kalau Anda meletakkan sekeranjang kopi sembarang ke hadapan luwak apa yang akan terjadi?
hatacafe.com

Tentunya lebih banyak yang tidak dimakan dan hanya diinjak-injak. Perut luwak juga terbatas. Kalau dia sudah kenyang tidak akan makan lagi. Berdasarkan evaluasi pemerhati kopi luwak premium, kalau ada senampan kopi yang disodorkan ke hadapan luwak, yang dimakan hanya 10% sampai 30%. Sedikit sekali!
3. Proses Pengolahan Lebih Lama dari Kopi Biasa
Biasanya kopi sisa yang tidak dimakan luwak itu dijadikan produk kopi biasa. Sementara kopi hasil fermentasi 8-12 jam dalam tubuh luwak akan diolah dengan cara-cara yang kelewat panjang. Proses pencuciannya saja bisa melalui berbagai tahap. Tujuannya agar bau feses luwak tidak tercampur pada aroma kopinya.
agroteknologi.web.id
Setelah melewati proses pencucian berkali-kali, kopi akan dikeringkan terlebih dahulu. Cara ini sama dengan cara mengolah kopi biasa. Hanya saja membutuhkan waktu yang lebih lama. Setelah itu, kopi baru disangrai sampai betul-betul matang. Itulah kenapa harga kopi luwak sangat mahal dibanding lainnya.

4.Memiliki Kadar Kafein Rendah dan Kandungan Lainnya

Kopi luwak terkenal dengan kadar kafein yang rendah. Kafein atau kafeina adalah alkaloid yang hanya terdapat pada biji kopi dan juga daun teh. Kafein sebetulnya bagus untuk kesehatan. Hanya saja kalau kadarnya terlalu tinggi juga akan merusak tubuh manusia. Dengan adanya kafein rendah, manusia yang mengonsumsi kopi luwak akan selalu sehat.
cdns.klimg.com
Kopi luwak juga memiliki keajaiban lainnya. Misalnya mampu menjadi benteng tangguh terhadap sekumpulan penyakit berbahaya. Sebut saja Alzheimer atau Parkinson. Penyakit ini menyerang pada sistem syaraf pada otak. Selain itu, kopi luwak asli juga mengandung enzim protelitik dan juga asam amino yang sangat bagus untuk kesehatan.
Hal tersebut tentu berbeda jika dengan yang palsu. Pasalnya terdapat pengawet yang kuat dalam kopi tersebut, dan menjadikan air seni kita memiliki aroma kopi yang pekat. Tentu secara khasiatnya pun berbeda dengan kopi luwak asli yang memiliki manfaat.

5. Kopi Bagi Luwak Tidak Lebih dari Sekadar Camilan
Mungkin tidak banyak yang tahu kalau kopi bagi luwak itu bukanlah makanan utama. Jadi tingkat konsumsinya otomatis rendah. Soalnya posisi kopi di sini hanya berfungsi untuk pencuci mulut. Kalau kopi sebagai makanan utama luwak mungkin harganya akan lebih murah, karena produksinya bisa lebih banyak.
berdesa.com
Sebab-sebab di atas hanya bisa dimiliki oleh kopi luwak asli. Oleh karena itu hanya kalangan tertentu saja yang rela mengorbankan uang demi menikmati secangkir lezat kopi luwak. Tentunya mereka bisa membedakan mana kopi luwak asli dengan yang bukan. Kopi luwak asli tidak mungkin dijual dengan harga ribuan saja. Setuju tidak?
0 Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...