Cara Menggunakan Obat yang Baik dan Benar

Sering kali kita masyarakat awan mengunakan obat tanpa mengetahui detail dosis dan tata cara penggunaan obat yang baik dan benar. Padahal mengunakan obat yang salah ataupun dengan cara bisa berbaha bagi tubuh kita sendiri. Bukanya menyembuhkan, malah bisa menimbulkan penyakit baru.

Salah satu contoh sederhana pengunaan obat yang salah adalah pada rentang waktu pengunaan obat. Sering kali kita hanya fokus pada penjadwalan waktu. Seperti apabila obata 3x1 hari maka kita akan minum obat tersebut pada pagi siang malam, padahal maksud dari 3x1 tersebut adalah rentang waktu 8 jam sekali dalam mengkonsumsi obat.


Banyak hal lain yang semestinya harus diperhatika dengan cermat sehingga penggunaan obat bisa secara benar. Penggunaan obat secara baik dan benar akan ikut membuat kerja obat menjadi baik dan benar.

Jadi ceritanya beberapa hari yang lalu (21/11/2017) aku mengikuti kegiatan kumpul blogger kesehatan yang diadakan oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI). Pada acara tersebut, pihak kemenkes mensosialisasikan program mereka kepada para blogger, untuk kemudia di sosialiasiskan kepada para pembaca blog masing-masing.

Dari acara tersebut aku mulai mengetahui beberapa hal terkait “Cara cerdas gunakan obat,” agara apa yang aku dapatkan ketika sosialisasi oleh kemenkes tersebut bermanfaat dan juga sesuai harapan pihak kemenkes. Aku akan coba menguraikan beberapa hal diantarantya.

Hal yang harus diperhatikan ketika memilih obat.

1. Kandungan zat berkhasiat yang ada pada obat tersebut. Bukan merek atau brand obat.
2. Riwayat alergi obat yang kamu miliki. Jangan memaksakan untuk mengunakan obat yang kamu alergi
3. Kondisi sedang menggunakan obat. Apabila kamu  sedang menggunakan obat lain, sebisa mungkin untuk konsultasi terlebih dahulu dengan apoteker, karena beberapa obat dapat berinteraksi dengan obat lainnya.
4. Kondisi hamil dan menyusui. Ini sangat penting, karena penggunaan obat pada masa hamil atau menyusui bisa berefek kepada janin ataupun bayi.

Secara umum ada 3 jenis cara mendapatkan obat. Yang pertama adalah obat bebas yang bisa didaptkan tanpa menggunakan resep dokter. yang kedua adalah obat bebas terbatas, yang juga bisa didapatkan tanpa menggunakan resep dokter namun penggunaanya haru memperhatikan aturan pakai dan peringatan pada kemasan. dan terakhir adalah obat keras, obat yang hanya bisa diperoleh dengan resep dokter.

Penanda jenis obat. sumber

Cara menggunakan obat yang baik.

1. Baca aturan pakai sebelum menggunakan obat
2. Gunakan obat sesuai aturan pakai. Misal, Dosis : Gunakan sendok takar yang tersedia. Rentang Waktu : Misal antibiotik 3x1 artinya gunakan obat setiap 8 jam sekali. Lama Penggunaan Obat :  Antibiotik digunkan 3 - 5 Hari.
3. Obat bebas terbatas tidak digunakan terus menerus. Jika sakit berlanjut usahakan untuk segera berobat ke dokter.
4. Hentika penggunaan obat apabila muncul efek yang tidak diiginkan. Segera ke fasilitas pelayanan kesehata,
5. Tidak menggunakan obat orang lain mesti gejala sakitnya sama.
6. Tanyakan kepada apoteker untuk mendaptkan informasi penggunaan obat yang lebih lengkap.


0 Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...