5 Tips Mewujudkan Taman Minimalis

Konsep minimalis pada sebuah hunian tidak hanya terletak pada bangunannya saja. Pada bagian taman misalnya, kita juga dapat menerapkan konsep minimalis. Taman minimalis merupakan taman yangmembutuhkan sedikit perawatan rumput. Jadi, kita tidak perlu kerepotan untuk menyiangi serta menyirami rumput di taman. Setiap orang tentu akan memiliki selera desain taman minimalis yang berbeda-beda. Entah kita menyukai tanaman hias atau pepohonan, kita dapat mewujudkan taman minimalis dengan 5 tips berikut ini.

1. Meminimalisir Ornamen Taman

Hal ini tidak berarti kita harus menyingkirkan segala ornamen taman. Namun, kita harus memilah ornamen-ornamen yang kita miliki. Pastikan juga ornamen mana yang cocok untuk dipasang tanpa menimbulkan kesan berlebihan. Ingat, tujuan utama kita ialah menciptakan tempat yang bersih. Jadi, kita harus rela melepaskan beberapa koleksi aksesoris taman.
Pemilik rumah minimalis pada umumnya juga dapat menempatkan ornamen di rerumputan rumput. Salah satu contohnya ialah dengan menempatkan drum penampung hujan. Aksesoris ini ramah lingkungan serta dapat menampung air sehingga baik untuk tanaman.

2. Menggunakan Tanaman Asli di Wilayah Kita

Ketika kita berencana untuk menanam bunga atau tanaman, pilihlah bunga dan tanaman yang asli yang ada di wilayah kita. Tanaman asli pada dapat tahan terhadap penyakit serta hama secara natural. Selain itu, irigasi yang diperlukan tanaman asli juga tidaklah banyak. Keuntungan lain pada tanaman asli ialah dapat bertahan dan menyesuaikan diri dengan iklim. Dibandingkan tanaman yang bukan berasal dari wilayah kita, perawatan tanaman asli terbilang lebih mudah. Kita tidak perlu meragukan tanaman asli. Selain lebih cocok di lingkungan kita, tanaman asli juga tidak kalah estetis dengan tanaman luar, kok.

3. Furniture yang Sederhana

Kesederhanaan merupakan kunci utama taman minimalis. Seperti ornamen taman, kita tidaklah harus menyingkirkan semua benda di taman minimalis. Sebaliknya, kita harus memperkirakan barang apa saja yang cocok di taman minimalis kita.  Memiliki taman minimalis tidak berarti kita harus menyingkirkan semua furniture taman. Namun, kita dapat memilih furniture yang sederhana, bersih, serta berwarna netral. Selain itu, kita juga dapat memilih furniture yang warnanya dapat melengkapi warna taman kita tanpa mendominasi warna taman. Pastikan juga kita tidak memilih furniture yang berwarna terlalu cerah maupun bertabrakan.

4. Memanfaatkan Lahan Pekarangan

Terdapat orang-orang yang masih mengganggap bahwa taman minimalis merupakan taman yang terlihat biasa serta membosankan. Padahal, taman minimalis bukanlah taman bernuansa ‘kaku’ seperti yang dibayangkan.  Taman minimalis merupakan taman yang memanfaatkan lahan secara efektif. Taman minimalis memiliki batas taman yang jelas, furniture berwarna netral, serta koleksi tanaman yang serasi. Oleh karena itu, kita harus menggunakan pilihan warna yang simpel. Selain itu, sesuaikan juga dengan warna tanaman-tanaman kita. Hal ini akan membuat taman minimalis kita dapat terlihat bersih.

5. Meminimalisir Rerumputan

Apabila kita ingin memiliki taman minimalis, kita harus membuat taman yang mudah dirawat. Jadi, cobalah untuk meminimalisir area rerumputan yang ada di taman. Kita tidak perlu khawatir taman akan terlihat gersang. Sebagai alternatif, cobalah untuk menanam tanaman lain. Banyak jenis tanaman yang dapat menggantikan rumput. Apabila tinggal di daerah yang kering, cobalah menanam tanaman anggur ataupun thyme. Selain itu, kita juga dapat menanam bunga liar yang dapat bertahan di segala cuaca serta membutuhkan irigasi yang minim. Bunga liar juga akan menambah keestetisan di taman kita.
Latest
0 Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...