Mengembangkan Potensi Diri di Bulan Ramadhan

Selalu ada cinta dan harapan ketika bulan ramadhan datang.  Bulan yang penuh rahmat, berkah dan magfirah, bulan yang paling di nanti oleh umat muslim sejagat. Semua bergembira sembari mengucapkan syukur karena bisa kembali berjumpa dengan bulan suci ramadhan, hal ini tampak jelas di malam pertama tarawih dimana masjid-masjid selalu dipadati oleh banyak jamaah.


Rasa senang dan bahagia saat ramadhan datang semestinya bisa diiringi dengan kegiatan-kegiatan positif yang bisa mengembangkan potensi diri kita masing-masing. Ada banyak hal yang bisa dilakukan saat bulan suci ramadhan, mulai dari mendekatkan diri kepada Allah seperti dengan memperbanyak ibadah, mendekatkan diri dengan lingkungan sosial dengan menjadi relawan ramadhan, yang tentunya akan menambah relasi dan pengalaman kita.

Begitu banyak potensi dalam dari, yang kita sendiri terkadang tidak mengenali, potensi yang kita miliki. Sudah semestinya kita mulai memahami apa yang kita miliki, kita kembangkan apapun potensi positif di dalam diri. Jangan pernah biarkan potensi yang kita miliki terkekang dalam keadaan yang memaksa kita hanya menjalani hidup dengan mengikuti arus yang telah ada. Open your mind and change your mindset, jadikan ramadhan sebagai kesempatan untuk berubah.

Sebagai contoh, mungkin kita sering lupa bahwa dalam diri, memiliki potensi untuk membaca Al-qur’an, namun hiruk pikuk kehidupan dunia di bulan-bulan sebelumnya memaksa kita untuk menghiraukan potensi yang kita miliki, sehingga akhirnya kita tidak pernah membaca Al-qur’an. Bulan ramadhan adalah kesempatan untuk kembali mengembangkan potensi membaca Al-qur’an tersebut, mungkin hal sederhana yang bisa kita lakukan adalah memperbanyak membaca Al-qur’an selama bulan suci ramadhan ataupun ikut tadarus setiap malam di masjid

Peran bulan ramadhan dalam pengembangan potensi diri cukup luas, tidak hanya terpaku pada ibadah, namun juga bisa dalam hal mengembangkan potensi kepemimpinan. Sebagai contoh ketika kita ikut kepanitian agenda ramadhan, maka secara otomatis banyak nilai-nilai kepemimpinan yang kita dapat dalam kepanitian tersebut.

Ramadhan adalah bulan rahmat, maka di bulan yang penuh rahmat ini tentunya akan begitu banyak rahmat Allah yang diturunkan kepada kita manusia. Sudah semestinya kita sebagai hamba yang lemah meminta kepada Allah semoga kita mendapatkan rahmat Allah sehingga bisa mengembangkan potensi yang kita miliki ke arah positif.

Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, jadikan potensi dalam diri kita sebagai berkah yang bisa bermanfaat. Ada banyak hal yang tentunya bisa dilakukan dengan potensi diri yang kita miliki masing-masing, awali semangat untuk mulai menjadikan potensi sebagai berkah di bulan yang penuh berkah ini. 

Ramadhan adalah bulan Maghfirah, yaitu bulan penuh ampunan. Sudah semestinya kita ikut menjadikan potensi diri kita untuk mendekatkan diri kepada Allah sehinggah potensi yang kita miliki juga menjadi jalan untuk mendapatkan ampunan dari Allah. Apalagi dibulan suci ramadhan tentunya, tentunya akan banyak ampunan yang diberikan oleh Allah dari dosa-dosa yang pernah kita lakukan.


Pengembangan potensi diri sangat dibutuhkan dalam upaya pengembangan diri. Orang hebat adalah orang yang mengenali potensi diri, dan orang sukses adalah orang yang bisa mengembangkan potensi yang dimiliki. Apabila kita ingin menjadi orang hebat dan sukses maka mulailah dengan mengenali potensi diri dan kembangkan potensi yang telah kita kenali

Bulan ramadhan adalah kesempatan untuk menjadikan hal tersebut menjadi nyata. Ada banyak hal yang bisa kita lakukan selama bulan ramadhan, dan hal tesebut bisa dihitung sebagai ibadah. Bahkan tidur orang yang sedang berpuasa bisa dihitung sebagai ibadah, namun begitu jangan sampai kita menjadikan tidur sebagai potensi diri, karena tidur adalah naluri, setiap orang membutuhkan tidur, hanya saja pola dan jam tidur orang berbeda-beda.


Kesimpulannya, bulan ramadhan adalah kesempatan terbaik untuk kita mengembangkan potensi yang kita miliki. Bulan yang penuh rahmat, berkah dan magfirah sudah semestinya juga menjadikan potensi kita sebagai jalan menujuh rahmat, berkah dan magfirah Allah SWT.
0 Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...