13 Panduan Memilih dan Belajar Gitar Listrik Untuk Pemula

Mempunyai sebuah gitar tentunya sebuah keinginan bagi setiap musisi. Salah satu jenis gitar yang banyak digemari adalah gitar listrik. Jenis gitar ini merupakan gitar yang hanya bisa digunakan ketika terhubung dengan aliran listrik. Biasanya gitar ini banyak digunakan oleh para musisi dalam sebuah band. Selain itu, gitar jenis ini juga mempunyai banyak keunggulan dibandingkan gitar jenis lainnya. Nah, bagi Anda para pemula yang ingin membeli dan belajar bermain gitar, maka harus mengetahui bagaimana tips dalam memilih gitar listrik murah berkualitas.
sumber : bmdstatic.com

Tips Memilih Gitar Listrik Yang Bagus

Untuk membeli sebuah gitar listrik memang tidaklah murah, Anda harus menyiapkan uang kurang lebih 1 jutaan. Hal ini dikarenakan harga gitar ini memang cukup mahal. Harganya yang tidak murah ini tentunya harus diimbangi dengan cara memilih yang benar. Salah memilih gitar bisa membuat Anda rugi dan tidak bisa belajar bermain gitar secara maksimal. Nah, berikut ini tips dalam memilih gitar jenis listrik:

1.  Pilih harga sesuai budget
Tips yang pertama dalam memilih gitar jenis gitar elektrik atau listrik adalah menyesuaikan harga dengan budget yang sudah disiapkan. Harga gitar listrik murah dibawah 1 juta cukup banyak pilihannya, sehingga Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk membeli gitar ini. Namun jika Anda ingin gitar yang berkualitas maka Anda harus menyiapkan uang yang lebih banyak lagi. Anda juga bisa melihatnya secara online di http://www.bhinneka.com/category/gitar_elektrik.aspx

2.  Pilih gitar yang pas dengan Anda
Tips yang selanjutnya adalah pilih gitar yang pas dengan Anda. Yang dimaksud dengan pas adalah gitar yang dipilih sesuai dengan gaya Anda. Bentuk bodi dan warna gitar bisa menjadi salah satu acuan dalam membeli gitar. Dengan membeli gitar yang pas dan cocok dengan selera Anda, maka Anda akan lebih nyaman pada saat menggunakannya untuk berlatih ataupun untuk konser.

3.  Pilih yang berkualitas
Gitar listrik juga harus dipilih yang berkualitas bagus. Jenis gitar ini memang cukup banyak pilihannya, namun Anda jangan terkecoh dengan mereknya. Hal ini dikarenakan banyak gitar dengan merek yang tidak terkenal justru mempunyai kualitas yang bagus. Oleh karena itu, sebelum membeli gitar, ada baiknya melihat terlebih dahulu spesifikasi yang ada didalamnya.

4.  Pastikan suaranya enak untuk didengar
Memilih gitar listrik juga perlu memperhatikan suaranya. Pastikan jika suara gitar yang dipilih enak untuk didengar. Ketika Anda membeli gitar ini, ada baiknya jika Anda mencobanya terlebih dahulu. Anda bisa mengetes suara dari gitar tersebut apakah menghasilkan suara yang enak untuk didengarkan atau tidak.

5.  Hindari membeli gitar bekas
Harga gitar listrik Ibanez dan merek terkenal lainnya mungkin sedikit mahal dan jika ingin harga yang murah, maka Anda bisa membelinya yang bekas. Namun sangat tidak disarankan untuk membeli gitar bekas. Hal ini dikarenakan Anda tidak mengetahui apakah gitar tersebut masih dalam keadaan yang bagus atau sudah mengalami banyak kerusakan.

6.  Sesuaikan neck dengan genggaman tangan
Dalam memilih gitar hal yang tidak kalah penting adalah memilih gitar yang mempunyai neck atau leher yang pas dengan genggaman tangan Anda. Ukuran neck setiap gitar memang bervariasi, oleh karena itu sebelum membeli gitar, maka pastikan jika ukuran neck nyaman untuk digenggam pada saat dimainkan.

7.  Perhatikan jarak fretboard dan string
Membeli gitar listrik yang berkualitas bagus, Anda juga harus memperhatikan jarak antara fretboard dan string. Semakin jauh jarak keduanya, maka suara yang dihasilkan bisa semakin keras. Bagi Anda yang menyukai suara keras, maka bisa memilih gitar dengan jarak fretboard dan string yang cukup jauh.

8.  Periksa nada maksimal dari gitar
Tips lainnya ketika membeli gitar listrik adalah periksa terlebih dahulu nada maksimal yang bisa dihasilkan oleh gitar. Sebelum memutuskan untuk membeli gitar yang sudah dipilih, Anda harus mengetes nadanya. Pastikan jika nada yang dihasilkan tidak melenceng dengan nada asli. Gitar yang bagus adalah gitar yang bunyi nadanya sesuai dengan nada asli.

9.  Pilih pickup yang sesuai
Ada dua jenis pickup yang ada pada gitar yaitu pickup yang dekat dengan leher dan pick up yang dekat dengan Bridge. Kedua jenis pickup ini menghasilkan suara yang berbeda. Pickup yang dekat dengan leher akan menghasilkan suara yang rendah. Sedangkan pickup yang dekat dengan Bridge akan menghasilkan suara treble. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan Anda. (Baca juga: Gitar Akustik Terbaik)

Panduan Belajar Gitar Listrik Untuk Pemula

Setelah mengetahui bagaimana cara memilih gitar listrik dengan harga yang murah tapi tetap berkualitas, maka Anda sudah siap untuk membeli dan belajar untuk bermain gitar ini. Dalam belajar bermain gitar perlu adanya trik khusus agar Anda bisa cepat menguasai teknik-teknik dalam bermain gitar. Berikut ini beberapa panduan cara belajar bermain alat musik gitar jenis ini:

1. Stel gitar terlebih dahulu
Bagi para pemula hal pertama yang harus dilakukan ketika akan belajar bermain gitar listrik adalah menyetelnya dengan benar. Pastikan jika gitar yang sudah Anda beli dalam keadaan bagus dan distel dengan benar. Jika Anda masih ragu bisa menyetelnya dengan benar, maka Anda bisa meminta bantuan orang lain untuk menyetelkan gitar Anda. Biasanya untuk pemula penyetelan yang dilakukan hanya penyetelan standar saja.

2. Hindari untuk menggunakan stomp box
Banyak pemula yang beranggapan bahwa bermain gitar listrik akan lebih menyenangkan jika menggunakan stom box yang bisa membuat suara menjadi menggelegar. Padahal anggapan ini tidak tepat. Bagi para pemula, sebaiknya hindari untuk menggunakan stom box. Hal ini dikarenakan dengan menggunakan stomp box, maka Anda sulit untuk menemukan kesalahan pada saat belajar. Oleh karena itu, pastikan matikan stomp box pada saat berlatih bermain gitar.

3. Selalu latihan
Ini merupakan trik yang sangat jitu yaitu selalu melakukan latihan. Memang tidak mudah bermain gitar apalagi jika baru pertama kali belajar. Oleh karena itu, Anda harus sering melakukan latihan agar bisa cepat menguasai teknik dasar bermain gitar. Jika Anda sudah menguasai teknik bermain gitar ini, maka bisa membeli alat penambah efek untuk gitar. Harga efek gitar listrik ini tidak terlalu mahal.

4. Banyak belajar mengenai musik
Yang terpenting dalam belajar bermain gitar listrik bagi pemula adalah banyak belajar mengenai musik. Anda bisa membaca buku mengenai musik untuk menambah wawasan dalam bermain gitar. Selain itu, Anda juga bisa menonton video untuk menambah pengetahuan teknik menggitar Anda. Dengan banyak belajar. maka Anda akan mengetahui lebih banyak mengenai musik dan bisa belajar dengan cepat.

Belajar bermain gitar listrik untuk para pemula memang tidaklah mudah. Namun dengan tekat untuk belajar, maka Anda bisa dengan cepat menguasai cara bermain gitar ini. Yang dibutuhkan dalam belajar bermain gitar adalah ketekunan untuk terus menerus berlatih dan mengembangkan teknik-teknik dasar yang sudah dimiliki. Dengan demikian Anda bisa menjadi seorang gitaris yang handal.


0 Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...