Peranan IoT dalam Membangun Smart City

Smart City rasanya saat ini sudah menjadi kebutuhan di setiap kota-kota yang ada di Indonesia, namun sayangnya belum seluruh kota di Indonesia menerapkan konsep smart city atau kota pintar. Jakarta, Bandung, Surabaya dan Yogyakarta merupakan daftar kota-kota yang paling awal menerapan konsep smart city, setidaknya pada akhir 2014 lalu kota-kota tersebut telah mulai menerapkan konsep smart city diberbagai aspek kehidupan yang ada di kota tersebut

Pada pertengahan 2015 beberapa kota mulai ikut mengadopsi konsep smart city yang telah terlebih dahulu di terapkan di kota-kota yang telah disebutkan sebelumnya. Adapun beberapa kota yang mulai ikut meramaikan smart city diantaranya Kota Depok, Tanggerang, Banyuwangi, Balikpapan bahkan Banda Aceh yang notabennya terletak di ujung barat Indonesia
Smart City | Sumber Gamber : informationsecuritybuzz.com 
Tujuan dari Smart city seperti yang telah diketahui adalah untuk meningkatkan kualitas kehidupan, mengurangi biaya dan sumber konsumsi, sehingga dapat meningkatkan interaksi aktif antara pemerintah dan warganya secara efektif hal ini merupakan salah satu cara untuk dapat menciptakan good government. Teknologi yang dapat diaplikasikan dalam pengembangan smart city demi mencapai tujuan yang telah disebutkan tadi sangatlah luas dan sama sekali tidak terbatas, termasuk penerapan teknologi Internet of Things (IoT) di dalamnya. 

Internet of Things merupakan konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas Internet yang tersambung secara terus-menerus, Kemampuan tersebut diantaranya seperti berbagi data, remote control, dan lain sebagainya sebagainya. termasuk menghubungkan benda yang ada di sekeliling kita  dengan Internet secara terus menerus melalui jaringan lokal atau global melalui sensor yang tertanam dan selalu aktif.

F5 Networks beberapa waktu yang lalu sempat melakukan survei terkait penggunaan IoT, dan menggungkapkan bahwa organisasi pemerintahan merupakan sektor dengan tingkat belanjan IoT tertinggi apabila dibanding dengan sektor industri lainnya, kemudian diikuti oleh industri telekomunikasi dan juga industri teknologi.

Data penelitian tersebut tampaknya menjadi bukti bahwa pemerintah saat ini sedang begitu gencar mengembangkan smart city yang berbasis teknologi  IoT. Penerapan teknologi IoT dalam pengembangan Smart City yang sedang di bangun nantinya akan begitu bermanfaat bagi pemerintah maupun bagi warga kota sendiri. adapun beberapa contoh dari penerapan teknologi IoT yang dapat dimanfaatkan dalam pengembangan smart city adalah sebagai berikut:

1. Smart Street Lighting System
Smart street lighting system merupakan salah satu penerapan teknologi IoT pada smart city yang berguna dalam upaya penghemat pemakaian listrik pada lampu jalanan kota, teknologi ini akan terintegrasi dengan lampu jalan yang nantinya bisa dikendalikan secara langsung melaluijarak jauh dan juga bisa memberikan notifikasi apabila sudah harus diganti langsung ke pusat pemerintahan ataupun dinas terkait.
Sumber Gambar : CENS.com
2. Smart Parking
Penerapan teknologi IoT pada sistem ini yaitu terletak pada sensor parkir. Sensor tersebut diletakan pada area parkir umum, sehingga pemerintah kota dapat memantau dan mengendalikan pendapatan daerah dari parkir. Selain itu keuntungan yang bisa dirasakan oleh masyarakat berupa pemeriksaan status dari parkir yang tersedia dan sistem booking atau bayar parkir online.
Sumber Gambar : dailymail.co.uk
3. City Surveillance System
Teknologi IoT yang di terapkan pada smart city juga bisa berupa sistem pengawasan yaitu dengan pemasang cctv di berbagai titik, dan untuk mengoptimalisasi penggunaan cctv tersebut, teknologi IoT memungkinkan keseluruhan cctv bisa dipantau di sebuah tempat. Nantinya petugas tinggal mengawasi satu cctv center dan apabila ada suatu kejadian bisa langsung melakukan eksekusi
Sumber Gambar : korenixafrica.co.za
4. Disaster Warning System
Indonesia memiliki beberapa kota yang sering berpotensi bencana. Penerapan teknologi IoT pada sistem kebencanaan bisa sedikit meminimalisir jatuhnya korban. Sudah seharusnya smart city mulai melakukan yang namanya pencegahan bencana dengan cara memasang sensor pada tempat-tempat yang memiliki potensi bencana alam. Teknologi yang biasa digunakan oleh smart city adalah Disaster Warning System yang merupakan sistem pintar yang terintegrasi sensor yang akan memberi peringatan keseluruh masyarakat apabila ada deteksi bencana
Sumber Gambar : telegrafia.eu
5. Sensor Kualitas Air
Teknologi sensor kualitas air merupakan salah satu penerapan IoT yang harus dimiliki oleh smart city. Menurut data sebuah kota bisa mengalami kerugian mecapai milyaran rupiah diakibatkan oleh adanya aktivitas bawah air dan kualitas air yang tidak terpantau secara langsung sehigga datang tiba-tiba. Dengan adanya sensor yang terpasang bisa membuat pemantauan air lebih efektif sehingga tidak lagi sebuah kota mengali kerugian yang begitu besar
Sumber Gambar : ciderhousetech.com.au
Di atas merupakan beberapa contoh penerapan IoT yang bisa di gunakan pada smart city dalam upaya peningkatkan efektivitas kerja sebuah kota pintar. Adanya ke mudahan dalam berbabagai sektor tentunya menjadi salah satu tolak ukur kesuksesan suatu kota dalam penerapkan konsep smart city. Teknologi apapun termasuk IoT yang dilakukan demi kemajuan kota dan membuat akses yang lebih mudah bagi masyarakat  maupun pemerintah adalah salah satu upaya besar dalam pengembangan smart city

Sebuah sekolah bisnis di Spanyol The IESE Business School pernah membuat sebuah index yang disebut Cities in Motion Index , ini adalah index peringkat smart city di seluruh dunia berdasarkan kriteria teknologi, ekonomi dan manajemen publik. Proses pengumpulan data dalam membuat index ini The IESE mengirim peneliti ke 135 kota di 55 negara di seluruh dunia.

Para peneliti ketika itu menggunakan 50 indikator hingga akhirnya merilis daftar 20 kota dunia yang menduduki peringkat teratas dalam kesuksesan penerapan konsep smart city. Tokyo terpilih sebagai smart city nomor satu di dunia dengan beberapa pertimbangan tentunya. adapun Daftar lengkapnya adalah sebagai berikut:

1. Tokyo
2. London
3. New York
4. Zürich
5. Paris
6. Geneva
7. Basel
8. Osaka
9. Seoul
10. Oslo
11. Philadelphia
12. Los Angeles
13. Dallas
14. Copenhagen
15. Eindhoven
16. Amsterdam
17. Sidney
18. Stockholm
19. Chicago
20. Baltimore

Tokyo dan 19 kota lainnya yang masuk daftar kota dengan penerapan Smart City terbaik di dunia harus diakui memang merupakan kota-kota yang telah menerapkan IoT di berbagai sektor, semoga kota-kota di Indonesia tahun ini bisa mengikuti jejak ke 20 kota tersebut, untuk terus mengembangkan Smart City Indonesia dengan menggunakan teknologi IoT yang sudah begitu berkembang.
2 Komentar
avatar

Follback www.mangandosetiawan.com
Salam kenal
Terima kasih

Balas
avatar

Salam kenal kemabali..
siap akan segera di followback

Balas

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...