Mengenal Airsoft Gun, Mainan Replika Mirip Senjata Asli

Airsoft gun merupakan mainan replika senjata dengan ukuran nyaris sama dengan senjata aslinya. Mainan replika ini mengadopsi bermacam jenis senjata asli di dunia mulai dari pistol, revolver, assault rifle, submachine gun, shotgun, sniper rifle, hingga bazooka. Meski tergolong mainan replika, tetapi airsoft gun dapat memuntahkan peluru plastik berbentuk bulat ukuran 6 mm secara single action (satu per satu), semi otomatis, ataupun full automatic. Airsoft gun jenis tertentu bahkan dapat digunakan untuk BB alumunium, tembaga, atau besi.

Pada umumnya airsoft gun digerakkan hembusan udara yang dihasilkan piston. Hembusan udara tersebut memutar BB di dalam laras airsoft gun supaya laju BB dapat makin akurat. Sementara piston digerakkan oleh beberapa jenis penggerak berbeda seperti:
  • Motor yang digerakkan baterai (jenis Airsoft Electric)
  • Pengokang (jenis Airsoft Spring)
  • Hembusan gas atau freon ( jenis Airsoft Gas).
Agar airsoft gun bisa menembakkan peluru makin akurat, disematkan pula fasilitas Hop-Up. Fasilitas ini pun telah banyak diadaptasi pada mainan airsoft gun terbaru. Hop-Up sistem adalah suatu mekanisme sederhana pada airsoft yang mana memungkinkan peluru BB bisa mencapai jarak yang lebih jauh.

Cara kerja sistem Hop-Up begitu sederhana. Pada pangkal barrel, tepatnya dekat gearbox disematkan Hop-Up yang kebanyakan dibuat dari bahan karet. Karet tersebut bisa dibilang sebuah ganjalan yang diletakkan tepat di bagian atas barrel. Ketika peluru BB ditembakkan, maka bagian atas BB akan menabrak ganjalan karet tersebut yang mana membuat peluru berputar ke atas. Dengan sistem tersebut akan dihasilkan momentum energi ekstra yang menyumbangkan tenaga tambahan pada BB agar bisa meluncur lebih jauh.

Adapun untuk lebih mengenal airsoft gun berikut juga diberikan beberapa istilah dalam Airosoft gun yang perlu Anda tahu:

1.Airsoft
Menggunakan peluru atau BB dengan diameter 6mm, bisa dibuat dari bahan alumunium, kaca, dan lainnya.

2.Airgun
Menggunakan peluru atau BB dengan diameter 4,5mm BB atau mimis.

3.BB
Merupakan istilah untuk menyebut peluru bulat.

4.GBB (Gas Blowback)
Merupakan efek gerakan maju mundur pada bagian atas bodi atau tepatnya di slidenya.

5.GNBB (Gas Non Blowback)
Artinya tidak ada efek gerakan recoil maju mundur pada slidenya

6.Top gas/ Gas Standart/ Reguler Gas
Merupakan cara pengisian refill dengan suntikkan ke dalam magazin.

7.Gas CO2                           
Bentuknya kecil dan cara memasangnya langsung dimasukkan ke magazin. Bila ingin lebih praktis bisa juga dibalik grip. Power didapati lebih besar dibanding dengan gas standart atau green gas

8.Mimis
Pallet diabolo (umumnya digunakan sebagai peluru senapan angin).

Airosoft Gun Bukan Senjata Beladiri
Memang benar bila airosoft gun adalah mainan replika. Namun, tidak lantas artinya airosoft gun dapat digunakan sebagai senjata beladiri. Kepemilikan airosoft gun pun dizinkan dengan peraturan pembatasan umur di atas 18 tahun.

Sebagian besar penggunaan airosoft gun ditujukan untuk sarana bermain perang-perangan atau airsoft wargames oleh para hobbyist airsoft. Tetapi tidak jarang pula yang membeli airosoft gun sekedar untuk olahraga tembak reaksi atau barang koleksi. Sebagai barang koleksi airosoft gun memang indah, cocok dipajang di ruang tamu atau ruang favorit Anda.
Demikian ulansan seputar mainan replikan airosoft gun yang dikutip dari situs jualairsoftgunmurah.com. Semoga ulasan kali ini bermanfaat dan memberi tambahan informasi seperlu mengenal airsoft gun lebih jauh.
0 Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...