Upacara Bendera, Hal yang Paling Mebosankan bagi Siswa

Upacara bendera menjadi hal yang sangat membosankan bagi setiap siswa, mulai dari siswa Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama hingga siswa Sekolah Menengah Atas yang sudah 9 tahun setiap pagi senin mengikuti upacara, pastinya merasa bahwa upacra itu suatu hal yang paling sangat membosankan



Berdiri berlama lama dibawah terik matahari dalam posisi siap yang tidak boleh lirik kanan kiri dan juga tidak boleh ngobrol memang menjadi satu hal yang membuat upacara sangat dimusuhi oleh para siswa sekolah, ditambah lagi ketika harus mendengar amanat Pembina upacara yang sebagian siswa menganggap hanya itu itu saja yang diulang ulang oleh guru yang menajdi Pembina upacara

Setiap orang pasti akan mecapai titik kebosan ketika hal tersebut dilakukan berulang kali, apalagi hal yang diulang itu seperti upacara, pastinya siswa merasa ada sesuatu yang menganjal di hati ketika akan mengikuti upacara bendera, berdiri di lapangan lagii, panas panasan lagii…

Pada dasarnya, upacara bendera mengajarkan berbagai nilai mulai dari nilai untuk selalu disiplin, tepat waktu, memiliki kemampuan mendengarkan, dan mengenang jasa para pahlawan. Selain itu, dengan adanya pembacaaan Pancasila dan menyanyikan lagu-lagu nasional dapat membangkitkan jiwa patriotisme dan nasionalisme.

Jika kita melihat kilas balik sejarah upacara Bendera itu sudah dimulai pada tahun 1292 oleh tentara Jayakatwang ketika berperang melawan kekuasaan Kertanegara dari Singosari (1222-1292). Sedangkan bendera Merah Putih berkibar untuk pertama kali dalam abad 20 sebagai lambang kemerdekaan di benua Eropa.

Tepatnya pada tahun 1922 Perhimpunan Indonesia mengibarkan bendera Merah Putih di negeri Belanda dengan kepala banteng ditengah-tengahnya. Tujuan perhimpunan Indonesia Merdeka semboyan itu juga digunakan untuk nama majalah yang diterbitkan.
Kemudian pada tanggal 28 Oktober 1928 berkibarlah untuk pertama kalinya bendera merah putih sebagai bandera kebangsaan yaitu dalam Kongres Indonesia Muda di Jakarta. Sejak itu berkibarlah bendera kebangsaan Merah Putih di seluruh kepulauan Indonesia. upacara bendera di Indonesia diperkenalkan pertama kali oleh Negara Jepang, ketika negara ini masih berkuasa di nusantara.

Di Indonesia, upacara bendera resmi pertama kali dilaksanakan ketika proklamasi kemerdekaan yakni pada tanggal 17 Agustus 1945, yang dipimpin oleh Ir.Soekarno yang kemudian menjadi presiden pertama di Indonesia.

Kemudian yang menjadi pertanyaan mengapa upacara harus hari senin? menghayati upacara bendera tiap hari Senin maka kita bisa terus mengingat orang-orang yang pernah berjuang dari dulu dan kitapun bakal berjuang selama seminggu karena tugas menjalankan  sekolah atau kerja selama seminggu.


Ya… itulah sebenarnya makna penting dibalik upacara bendera yang sebagian besar siswa sekolah termasuk yang menulis artikel ini merasa membosankan, tapi pada dasarnya upacara yang selama ini kita ikuti memiliki makna yang sangat besar sehingga mengapa setiap hari senin apa itu siswa, PNS dan militer wajib melaksanakan upacara bendera.

2 Komentar
avatar

Kalau Tidak Ada Bantuan Angka Ritual Dari mbah witjaksono…Enggak Tau Nasib saya seperti apa…soalnya Udah banyak Dukun Togel yang saya mintai Angka Jitu.tapi tidak ada satupun yang berhasil…akhirnya saya menemukan nomor mbah witjaksono di: 0852_2223_1459..dan kami akhirnya Coba-coba untuk bergabung…Walhasil angka ritual mbah witjaksono Benar-benar bikin saya Terkagum./ benar-benar Tembus 100%…kini hidup saya udah gak lagi di kejar-kejar Hutang…semua hutang udah kami lunasi berkat bantuan angka ritual Ghoib dari mbah witjaksono…sekali lagi kami sekeluarga mengucapkan terima kasih yang amat dalam kepada mbah witjaksono yg udah mengubah hidup keluarga kami…Salam Bahagia

Balas

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...