Minggu, 17 Agustus 2014

Berlatih Publik Speaking di MOS SMAN 8 Banda Aceh

Masa Orientasi Siswa atau biasa disingkat dengan MOS telah menjadi budaya  diawal aawal tahun ajaran baru di sekolah sekolah di seluruh Indonesia, MOS sendiri adalah satu proses awal pengenalan sekolah kepada siswa baru, selain mengenalkan sekolah MOS juga berperan penting dalam pembangunan karakter dan mental siswa baru.

MOS SMAN 8 Banda Aceh tahun ini agak berbeda dari pada tahun tahun sebelumnya, MOS tahun ini hanya dilaksanakan di dalam ruangan kelas/Indoor, tanpa ada di luar ruang/outdoor, ini disebabkan karena memang ditahun ini tidak ada surat keterangan dari dinas pendidikan kota Banda Aceh untuk melaksanakan MOS, jadi di tahun ini MOS tidak bersifat wajib.

Walaupun demikian MOS tahun ini tidak kalah seru dengan tahun tahun sebelumnya, ini dapat dilihat dari semangat kami panitia dan para peserta MOS, pada MOS kali ini kami lebih mempioritaskan hal hal yang bermanfaat seperti mengenalkan SMAN 8 Banda Aceh, mengenalkan Mars SMAN 8 Banda Aceh dan juga melatih mental mereka.

Ini beberapa dokumentasi saat aku berbagi di depan siswa siswa baru:



Hari Kedua:



  

Mendapat kesempatan untuk menjadi panitia MOS yang sharing langsung sama siswa baru memang hal luar biasa, karena selain tenpat melatih mental mereka juga aku bisa melatih mental diriku sendiri untuk berani tampil di depan para siswa baru, tanpil di depan memang bukan hal baru bagiku karena mulai aku SMP aku sudah mulai latihan pidato ketika itu aku masih menjadi santri di SMPN Islam Al-falah Abu Lam U.

Publik Speaking atau berbicara didepan public itu ternyata mudah asalkan kita mempunyai mental dan metari yang hendak kita sampaikan, jangan sampai kita berdiri di depan tanpa memikirkan materi yang akan kita sampaikan sebelumnya jangan juga kita memiliki seribu materi tapi kita tidak mempunyai mental untuk berbicara didepan, kedua hal tersebut harus sikron.

Hal utama yang aku siapkan sebelum berbicara di depan siswa baru yaitu mental, karena aku sudah lumayan sering berbicara didepan public mulai di SMP, di Dayah dan di forum yang aku ikuti jadi untuk masalah mental persiapankan lumayan besar, kemudian untuk materi aku hanyak menyiapkan selembar profil sekolah, rumus sukses yang aku dapatkan dari seminar Dream Maker dan materi yang aku pikirkan semalam sebelum hari H.

Begitulah ceritaku di MOS SMAN 8 Banda Aceh berbagi sambil belajar dan melatih public speaking di depan siswa siswa baru, semoga bermanfaat bagi diriku sendiri dan mungkin juga bisa memotivasi teman teman semua untuk punyak mental untuk berdiri di depan public untuk berbagi apa yang kalian miliki.

1 komentar:

  1. Kalau Tidak Ada Bantuan Angka Ritual Dari mbah witjaksono…Enggak Tau Nasib saya seperti apa…soalnya Udah banyak Dukun Togel yang saya mintai Angka Jitu.tapi tidak ada satupun yang berhasil…akhirnya saya menemukan nomor mbah witjaksono di: 0852_2223_1459..dan kami akhirnya Coba-coba untuk bergabung…Walhasil angka ritual mbah witjaksono Benar-benar bikin saya Terkagum./ benar-benar Tembus 100%…kini hidup saya udah gak lagi di kejar-kejar Hutang…semua hutang udah kami lunasi berkat bantuan angka ritual Ghoib dari mbah witjaksono…sekali lagi kami sekeluarga mengucapkan terima kasih yang amat dalam kepada mbah witjaksono yg udah mengubah hidup keluarga kami…Salam Bahagia

    BalasHapus